Selasa, 08 Desember 2015

LETAK GEOGRAFIS DESA TOKAWI

  1. Letak Geografis Desa Tokawi
Desa Tokawi merupakan wilayah perbatasan antara provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah yang tepatnya berada di wilayah Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan, dengan luas wilayah mencapai 1601,82 ha/m2 yang terdiri atas wilayah pemukiman warga, perkebunan, persawahan, dan lainya. Seluruh wilayah desa Tokawi merupakan dataran tinggi dengan ketinggian 800 m di atas permukaan laut.
Desa Tokawi sendiri diapit dengan empat perbatasan desa yaitu di sebelah timur berbatasan dengan desa Jetis, sebelah barat berbatasan dengan desa Hargo Sari Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri, sebelah utara berbatasan dengan desa Penggung Nawangan, pada bagian selatan berbatasan dengan wilayah desa Karang Gede Kecamatan Arjosari Pacitan.
Penduduk desa Tokawi berjumlah sekitar 6.595 orang dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 2.093 kepala keluarga terhitung pada tahun 2013. Jumlah tersebut tersebar pada lima dusun yaitu dusun Krajan, dusun Mbanaran, dusun Nduwet, dusun Njelok dan dusun Djoso Kidul. Penduduk desa Tokawi mayoritas berprofesi sebagai petani dan buruh tani, hanya beberapa persen yang berprofesi sebagai pedagang atau pengusaha dan sedikit sekali yang berprofesi sebagai pegawi negeri sipil. Kondisi tanah di desa Tokawi yang subur sanagat menguntungkan bagi pertanian dimana komoditas pertanian di desa tokawi diantaranya ialah padi, jagung, ketela, cengkeh, tanaman buah-buahan seperti jeruk, durian dan lain sebagainya, sedangkan untuk saat ini yang paling digemari masyarakat desa tokawi kususnya para petani adalah Janggelan di mana tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang ekstra dan tidak memerlukan banyak biaya dalam proses penanamanya namun menghasilkan keuntungan yang sangat memuaskan.
Dalam bidang peternakan penduduk desa Tokawi mengutamakan ternak sapi dan juga kambing, selain itu juga ayam kampung dan sebagian masyarakat ada yang berkeramba ikan nila. Sedangkan dalam hal tingkat pendidikan penduduk desa Tokawi sebagian besar lulusan SD, SMP dan sebagian kecil SMA sederajat, sedangkan yang setingkat perguruan tinggi masih sangat minim jumlahnya. Sedangkan agama yang dianut penduduk Tokawi seluruhnya beragama Islam dan hanya satu orang yang beragama Budha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar